Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

05 May 2007

Pemasangan Perangkap Tikus pada gudang PT.Pelni Jayapura

(KKP Jayapura, 3 Mei 2007)
Pada tanggal 2 Mei 2007, dilakukan kegiatan rutin dari seksi PRL (Pengendalian Resiko Lingkungan). Kegiatan tersebut berupa pemasangan perangkap tikus pada gudang PT.Pelni, pelabuhan laut Jayapura.

Tikus merupakan hewan yang perkembangan populasinya cukup cepat, dan merupakan hewan pembawa bibit penyakit bagi manusia diantara penyakit pes, leptopirosis (penyakit yg disebabkan akibat kencing tikus), typhus dan lainnya.

Jumlah perangkap yang dipasang mencapai 84 perangkap dan ditaruh dibeberapa sebaran titik didalam gudang. Adapun jenis umpan yang dipakai yaitu dari potongan kelapa bakar, tempe dan ikan goreng. Pemasangan perangkap tersebut dilakukan oleh 2 orang staf PRL yaitu Bpk. Josephus Rewang dan Bpk. Rajali, AMKL.

Menurut Kepala Seksi PRL, Bpk. Nurdin, SKM bahwa "Tujuan pemasangan perangkap tikus pada lokasi ini adalah untuk mengetahui populasi tikus yang berada dalam gudang, dan setelah ditangkap tikus-tikus tersebut selanjutnya diadakan proses identifikasi pinjal dan jenis tikus ".


Pada saat proses identifikasi tikus, juga dilibatkan mahasiswa dari jurusan Kesehatan Lingkungan, Universitas Cenderawasih, yang sedang melakukan penelitian di KKP Jayapura.

1 comment:

Anonymous said...

perlu memeriksa:)

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan