Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

11 May 2007

Info : 32 Ekor Unggas Dimusnahkan

(Cenderawasih Pos, Jumat,11 Mei 2007)
*Pemantauan dan Pemusnahan Akan Terus Dilakukan
SENTANI - Terkait temuan kasus flu burung di wilayah Sentani, Dinas Peternakan Kabupaten Jayapura bersama dengan Balai Karantina dan Dinas Peternakan Provinsi Papua dalam hal ini Klinik Hewan Entrop, Kamis (10/5) kemarin, melakukan pemusnahan 32 ternak unggas di Ifar Besar dan juga Doyo Baru, Sentani, yang terindikasi tertular penyakit flu burung.


Sebagai keseriusan dalam penanganan penyakit flu burung, Bupati Habel secara langsung juga turut memusnahkan ternak unggas milik masyarakat di Ifar Besar yang secara sukarela menyerahkan ternak ayamnya untuk dimusnahkan. Dari 32 ternak unggas yang dimusnahkan tersebut, 23 ekor adalah milik warga masyarakat Kampung Ifar Besar dan 11 ekor lainnya adalah milik warga masyarakat Doyo Baru.
Yosias Yo salah warga Ifar Besar yang pertama kali diketahui ternak unggasnya terkena flu burung, mengatakan bahwa dari 30 ekor ayam miliknya, secara bertahap mati sejak bulan Maret 2007 lalu, dan tersisa 3 ekor yang ikut dimusnahkan kemarin. Yosias mengaku tidak tahu menahu dari mana ayamnya tersebut terkena flu burung tersebut.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jayapura Ir Terrianus Krey, MMT mengungkapkan bahwa masuknya flu burung di Kabupaten Jayapura ini terhitung sudah 1 bulan 19 hari sejak pengiriman sample ke Maros. Upaya penanggulangan flu burung ini akan dilakukan sesuai prosedur standar yang dikeluarkan Dirjen Peternakan, terutama di wilayah yang terindikasi tertular flu burung saat ini, yakni Ifar Besar, Doyo Baru dan Toladan.

Bupati Habel M Suwae terkait masuknya flu burung ini, pihaknya sudah memberikan surat edaran himbauan kepada masyarakat termasuk langkah-langkah penanggulangan bila ada gejala flu burung. "Kalau ada ternak unggas mati dengan gejala seperti flu burung, diharapkan untuk segera melapor kepada ketua RT atau RW atau langsung kepada kepala kampung maupun kepala distrik untuk segera dilakukan penanganan,"jelasnya.

Dari pemantauan Cenderawasih Pos, ternak unggas yang dimusnahkan kemarin dilakukan dengan cara disembelih sebelum dibakar dan dikubur dalam lubang yang telah disiapkan. (tri)

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan