Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

01 May 2007

Pelatihan Pelayanan Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela (Voluntary Counselling and Testing)

(KKP Jayapura, 30 April 2007)
Dengan meningkat jumlah kasus HIV khususnya pada kelompok pengguna napza suntik (penasun/IDU=Injecting Drug User), pekerja seks (sex worker) dan pasangan, serta waria dibeberapa propinsi di Indonesia pada saat ini, maka kemungkinan terjadinya resiko penyeberan HIV ke masyarakat umum tidak dapat diabaikan. Kebanyakan dari merka yang berisiko tertular HIV tidak mengetahui akan status HIV mereka, apakah sudah terinfeksi atau belum.

Estimasi yang dilakukan pada tahun 2003 diperkirakan diperikirakan di Indonesia terdapat sekitar 90.000-130.000 orang terifeksi HIV, sedangkan data yang tercatat Departemen Kesehatan RI s/d Maret 2005 tercatat 6.789 orang hidup dengan HIV/AIDS.

Melihat tingginya prevalensi diatas makan masalah HIV/AIDS saat ini bukan hanya masalah kesehatan penyakit menular semata, tetapi sudah menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat yang sangat luas. Oleh karena itu penanganan tidak hanya dari segi medis tetapi juga dari psikososial dengan berdasarkan pendekatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan primer, sekunder dan tertier. Salah satu upaya tersebut adalah deteksi dini untuk mengetahui status seseorang sudah terinfeksi HIV atau belum melalui Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela (Voluntary Counselling and Testing) , dan bukan dipaksa atau diwajibkan. Dengan mengetahui HIV lebih dini memungkinkan pemanfaatan layanan-layanan terkait dengan pencegahan, perawatan, dukungan dan pengobatan sehingga konseling dan testing HIV/AIDS secara sukarela merupakan pintu masuk semua layanan terbut diatas.

Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela (Voluntary Counselling and Testing) adalah kegiatan konseling yang menyediakan dukungan psikologis, informasi dan pengetahuan HIV/AIDS, mencegah penularan HIV, mempromosikan perubahan perilaku yang bertanggung jawab, pengobatan ARV dan memastikan pemecahan berbagai masalah terkait dengan HIV/AIDS.

Dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Jayapura diwakili oleh Ibu Kristin Tumbole mengikuti pelatihan konseling VCT ini yang berlangsung pada tanggal 16 s/2 21 April 2007 di Hotel Ratna, Sentani - Jayapura. Acara kegiatan ini diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, dengan pemateri didatangkan konselor dari Jakarta dan Surabaya.

Konseling VCT ini merupakan suatu strategi kesehatan masyarakat dan sebagai pintu masuk ke seluruh layanan kesehatan HIV/AIDS berkelanjutan.

Peran Konseling VCT

  • Layanan konseling VCT dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan klien pada saat klien mencari pertolongan medik dan testing yaitu dengan memberikan layanan dini dan memadai baik kepada mereka dengan HIV Positif maupun negatif. Layanan ini termasuk konseling, dukungan, akses untuk terapi suportif, terapi infeksi oprtunistik dan ART
  • VCT harus dikerjakan secara profesional dan konsisten untuk memperoleh intervensi efektif dimana memungkinkan klien dengan bantuan konselor terlatih, menggali dan memahami diri akan resiko infeksi HIV, mendapatkan informasi HIV/AIDS, mempelajari status dirinya dan mengerti tanggung jawab untuk menurunkan perilaku berisiko dan mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain guna mempertahankan dan meningkatkan perilaku sehat
  • Testing HIV dilakukan secara sukarela tanpa paksaan dan tekanan, segera setelah klien memahami berbagai keuntungan, konsekuensi dan resiko.

Pelayanan VCT dapat dikembangkan diberbagai layanan terkait yang dibutuhkan, misalnya klinik IMS, klinik TB, ART dan sebagainya. Lokasi layanan VCT hendaknya perlu petunjuk atau tanda yang jelas hinga mudah diakses dan mudah diketahui oleh klien VCT. Nama klinik cukup mudah dimengerti sesuai etika dan budaya setempat dimana pemberian nama tidak mengundang stigma dan diskriminasi. Layanan VCT dapat diimplementasikan dalam berbagai setting dan bergantung pada kondisi dan situasi daerah setempat, kebutuhan masyarakat dan profil klien, seperti individual atau pasangan, perempuan atau laki-laki, dewasa atau anak muda (am).

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan