Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

18 May 2007

Info : Tinggi, Penderita Malaria di Biak

(Cenderawasih Pos, Jumat 18 Mei 2007)
*Triwulan Pertama Tercatat 10.254 Orang


BIAK-Ribuan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dalam triwulan pertama (Januari-Maret 2007) dilaporkan terserang penyakit malaria. Dari data yang diperoleh di Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Bulan Januari, jumlah warga yang terserang malaria klinis sebanyak 5.605 orang, Februari sebanyak 3.495 orang dan Maret 2007 sebanyak 1.153 orang. Sehingga, total penderita Malaria per Maret kemarin 10.254.

Kasubdin Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, A Ridway Halim S.Sos mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap pasien yang dilaporkan menderita malaria klinis, jumlah pasien yang positif malaria cukup besar. Untuk bulan Januari 2007, dari 5.605 pasien malaria klinis, 1.895 orang positif malaria.
"Sedangkan untuk Februari yang positif sebanyak 1.420 orang dan Maret sebanyak 150 orang,"ungkapnya.

Dijelaskan, sebagai daerah yang endemis malaria, jumlah penderita Malaria di Kabupaten Biak Numfor cukup tinggi dan dari pantauan yang dilakukan Dinas Kesehatan, periode Maret-April dan September-Oktober, merupakan periode dimana jumlah kasus malaria meningkat dibandingkan bulan-bulan lainnya.
"Periode tersebut merupakan musim penularan, sehingga dari data kami beberapa tahun terakhir, biasanya bulan Maret--April kasus malaria agak tinggi. Demikian pula pada bulan September-Oktober,"terangnya.

Untuk mencegah penularan penyakit malaria, salah satu upaya yang harus dilakukan oleh masyarakat yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga menghindari gigitan nyamuk.
"Untuk program pencegahan, upaya yang kami lakukan yaitu dengan cara penyemprotan dan program kelambunisasi. Dinkes juga telah mendroping obat malaria, baik oral maupun injeksi ke semua Puskesmas,"tambahnya.

Mengenai aktivitas Pos Malaria Desa, pasca penghentian bantuan dari Global Fund, A Ridway Halim mengakui, pengawasan dan pelaporan kasus malaria yang dilakukan oleh kader-kader Pos Malaria Desa, sejak April mengalami penurunan. (nat)

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan