Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

02 May 2007

Pelatihan Biosystems 7500 Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)

(KKP Jayapura, 30 April 2007)

Pada tanggal 26 April s/d 28 April 2007 telah diadakan Pelatihan Biosystems 7500 Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang diselenggarakan oleh Balai Karantina Hewan Kelas II Sentani - Jayapura. Dari Pihak KKP Jayapura, yang diwakili oleh Ibu Manita Tana, Amd AK dari Laboratorium Klinik KKP berkesempatan untuk mengikuti acara pelatihan tersebut.
“ Banyak sekali manfaat yang didapat dari mengikuti pelatihan Biosystems 7500 RT-PCR ini “ begitu disampaikan Ibu Manita kepada redaksi website KKP Jayapura.
Diantaranya adalah :

  • Dengan mengenal dan mengetahui cara penggunaan alat Biosystems 7500 Real Time Polymerase Chain Reaction ini, makan bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menangani laboratorium kesehatan manusia, hewan, ikan dan tumbuhan yang ada di Jayapura.
  • Dengan dapat mengoptimalisasikan alat tersebut maka tentunya akan mempunyai dampat berdaya guna dan behasil guna bagi masyarakat di Papua umumnya, khususnya di Jayapura
  • Dapat mengoptimalisasikan Pelayanan Tindak Karantina melalui pemeriksaan laboratorium secara cepat, akurat, terpercaya dan mandiri.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini cukup banyak, yaitu sebanyak 21 orang, diantaranya bersal dari : Balai Karantina Hewan Kelas II Sentani-Jayapura, Balai Uji Standar Karantina Pertanian Jakarta, Balai Karantina Ikan Sentani, Balai Karantina Tumbuhan Kelas II Jayapura, Stasiun Karantina Hewan Kelas II Timika, Dinas Peternakan Provinsi Papua, BBPV Maros Sulawesi Selatan, Dinas Peternakan Kabupaten Jayapura, Dinas Pertanian/Subdin Peternakan Kotamadya Jayapura, Dinas Peternakan Kabupaten Jayawijaya, Laboratorium Kesehatan Daerah Jayapura, Laboratorium Kesehatan RSUD Dok II Jayapura, Laboratorium Kesehatan RSUD Abepura, Laboratorium Kesehatan RSUD Sentani, Balai Besar POM Provinsi Papua serta Badan Bimas dan ketahanan Pangan Provinsi Papua..

Adapun nara sumber yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah :

  • DR. Drh. Nidom CA. MS (Pakar Biomelekuler Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga)
  • Prof. DR. J.E. Palilingan (Pakar Flu Burung pada manusia dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga)
  • M. Amin S.Si (Universitas Airlangga)

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan