Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

08 August 2007

Sosialisasi IHR 2005 di Lingkungan Jajaran Staf KKP Jayapura

Bpk. dr. Onedo Gumerang didampingi, Kepala KKP Jayapura Bpk. Junghans Sitorus, SKM, M.Kes sedang memberikan materi IHR 2005 dilingkungan Staf KKP Jayapura
(KKP Jayapura, 7 Agustus 2007)
KKP Jayapura mendapat kunjungan dari Bpk. Dr. Onedo Gumerang, yang merupakan Kepala KKP Pekan Baru, Sumatera. Adapun tujuan ke Jayapura selain melakukan silaturrahmi dan ramah tamah dengan staf KKP Jayapura, juga beliau memberikan sosialisasi informasi tentang IHR 2005.

IHR adalah suatu instrumen international yang secara resmi mengikat untuk diberlakukan oleh seluruh negara anggota WHO, maupun bukan anggota WHO tetapi setuju untuk dipersamakan dengan negara anggota WHO.

Mengingat terbatasnya ruang lingkup aplikasi IHR (1969) yang hanya melakukan kontrol terhadap 3 penyakit karantina yaitu Kolera, Pes dan Yellow Fever maka pada Mei 2005 para anggota WHO yang tergabung dalam World Helath Assembly (WHA) melakukan revisi terhadap IHR (1969). IHR (1969) ini digantikan dengan IHR (2005) yang diberlakukan pada 15 Juni 2007

Tujuan dan ruang lingkup IHR (2005) adalah untuk mencegah, melindungi dan mengendalikan terjadinya penyebaran penyakit secara international serta melaksanakan public health response sesuai dengan resiko kesehatan masyarakat dan menghindarkan hambatan yang tidak perlu terhadap perjalan dan perdagangan international.

Pemberlakukan IHR (2005) ini akan diikuti dengan pedoman, petunjuk dan prosedur untuk melaksanakan pemeriksaan rutin pada pelabuhan, bandara dan lintas batas.
Staf KKP Jayapura sedang memperhatikan dengan seksama penjelasan yang disampaikan dalam sosialisasi IHR 2005

Walau hanya beberapa jam mengunjungi KKP Jayapura, Bpk. Dr. Onedo Gumerang didampingi Kepala Kantor KKP Jayapura, Bpk. Junghans Sitorus, SKM, M.Kes memberikan paparan yang singkat namun jelas dan memuaskan kepada staf KKP Jayapura yang hadir dalam acara sosialisasi IHR 2005. Proses diskusi yang hangat, diselingi canda tawa, dan saling tanya-jawab mewarnai pertemuan ini.

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan