Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

29 August 2007

Biak : Dominan Penyakit Malaria dan Persendian

(www.radarsorong.com, 29 Agustus 2007)
BIAK-Ratusan warga Desa Ambroben Distrik Biak Kota, Kamis (28/6) kemarin sejak pukul 08.00 WIT memadati halaman Kantor Desa Ambroben untuk mengikuti kegiatan pengobatan massal yang digelar Polres Biak Numfor bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor.Warga yang hadir dari berbagai penjuru desa tersebut selain orang tua juga terdapat anak-anak. Dari data yang dihimpun Cenderawasih Pos, penyakit yang ditemukan dalam pengobatan masal tersebut didominasi malaria.Kasubdin Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Biak Numfor Dr.Syukri yang ditemui Cenderawasih Pos di sela-sela kegiatan mengatakan dari sejumlah pasien yang telah diperiksa, untuk anak-anak pada umumnya didominasi penyakit malaria.

Sementara itu untuk orang dewasa, keluhan yang ditemukan pada umumnya ada penyakit persendian. Masih banyaknya penyakit malaria yang ditemukan dalam pengobatan massal kemarin menurut Dr Syukri, di sekitar Desa Ambroben masih terdapat banyak nyamuk yang menyebarkan penyakit malaria. Untuk warga diminta sedapat mungkin untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menghindari gigian nyamuk.”Selain malaria, banyak pula keluhan persendian yang umumnya dialami orang deawsa. Ini tenutny terkait dengan factor usia penderita,” ungkapnya.Plt Kepala Kampung Ambrobenb Y Ronsumbre yang ditemui Cenderawasih Pos Kamis kemarin mengatakan tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti kegiatan pengobatan missal yang dilaksanakan Polres Biak Numfor menunjukan bahwa masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.

Untuk pelayanan kesehatan sendiri, Kampung Ambroben kata Y Ronsumbre sebenarnya telah memiliki satu unit poliklinik desa yang dilayani satu orang bidan desa. Namun tingginya permintaan pelayanan dari masyarakat sehingga membutuhkan adanya tambahan petugas.”Hal ini sudah kami sampaikan ke Dinas Kesehatan agar bisa ada tambahan tenaga yang bisa stand by melayani warga.Kami juga mengucapkan terima kasi kepada Polres Biak Numfor dengan pengobatan massal ini dan kita harap kegiatan yang sama dapat dilakukan di desa lain,”ungkapnya.(nat)

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan