Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

14 August 2007

Di Merauke, Ditemukan 2 Pasien Demam Berdarah, Langsung Dilakukan Fogging Pada Daerah Sekitar Penderita

(www.cenderawasihpos.com, 13 Agustus 2207)
MERAUKE- Ditemukannya 2 pasien demam berdarah di Kota Merauke, membuat Dinas Kesehatan Merauk langsung melakukan penanganan agar penyakit tersebut tidak menyebar luas ke masyarakat. Kasubdin Pencengahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kabupaten Merauke dr Nevil Maskita, saat dihubungi Kamis (9/8) kemarinmenggungkapkan, penanganan yang dilakukan pihaknya dalam memutus penyebaran demam berdarah tersebut dengan melakukan penyemprotan atau pengasapan (fogging) di daerah sekitar penderita. ‘’Petugas sudah kami turunkan untuk melakukan pengecekan serta pemeriksaan sekaligus fogging di dua tempat itu,’’ ungkapnya.

Penyemprotan/pengasapan yang dilakukan tersebut untuk membunuh jentik-jentik demam berdarah yang ada di sekitar pasien demamberdarah. Munculnya dua penderita demam berdarah di saat awal musim kemarau tersebut, menurut Nevil Maskita merupakan hal yang tidak biasa. ‘’Kami juga bertanya-tanya mengapa ada penderita demam berdarah saat musim kemarau. Dan ini sedikit agak aneh. Tapi mungkin karena cuaca dan masih ada hujan-hujan kecil itu sehingga demam berdarah itu ada,’’ jelasnya. Biasanya, lanjut Nevil, kasus demam berdarah muncul saat awalmusim hujan. Selain 2 pasien demam berdarah tersebut, menurutnya juga ada laporan dari RSUD, namun masih dalam status suspeck (belum positif,red).

Sementara itu, Direktur RSUD Merauke dr Petrus Tjia, yang ditemui kemarin membenarkan adanya 2 penderita demam berdarah tersebut. ‘’Satunya dari Mopah Lama dan dirawat selama 4 hari sedangkan satunyalagi dari Jalan Martadinata dan dirawat selama 5 hari. Tapi keduanya sudah dipulangkan setelah sembuh,’’ jelasnya. Baik Nevil Maskita maupun Petrus Tjia berharap, masyarakat tetap menjaga kebersihan terutama menyingkirkan atau menguburkan serta menutupi wadah yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya demam berdarah. (ulo)

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan