Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

04 July 2007

TIPS : Cegah Keropos Tulang Dengan Kalsium Dan Vitamin D

(WASPADA Online 03 Juli 2007)
Dr. Cecil menyebutkan bahwa pencegahan osteoporosis sebaiknya dilakukan sejak kita masih dalam kandungan. Artinya, ketika bayi, para orangtua harus menyadari bahwa asupan berbagai vitamin seperti vitamin D, kalsium, fosfat merupakan hal yang sangat penting. Prof. Dr. Made Astawan, dosen di jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, IPB menyatakan hal senada. Menurutnya, kalsium merupakan mineral terbesar yang diperlukan tubuh.

Sekitar 2,2 persen botol tubuh orang dewasa, kalsium memegang peranan penting dalam membentuk dan memelihara tulang dan gigi bersama dengan fosfor.

Bahkan lebih dari 99 persen kalsium tubuh ada di dalam tulang dan gigi. Karenanya kalsium sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia.

Walaupun demikian, ternyata efisiensi kemampuan penyerapan kalsium di dinding usus hanya sekitar 30-40 persen saja. Karena itu penting sekali melihat setiap waktu apakah kalsium yang kita asup benar-benar mencukupi kebutuhan tubuh. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya, menurut Dr. Cecil hanyalah dengan melakukan pengecekan darah dan air seni setiap enam bulan sekali.

Pada masa kanak-kanak, konsumsi kalsium yang tinggi merupakan cadangan yang sangat berharga bagi pembentukan massa tulang yang lebih baik pada saat dewasa dan berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Namun demikian, untuk mereka yang pada saat anak-anak dan remaja kekurangan kalsium sehingga di usia dewasa kekurangan, tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan manfaatnya. Kecuali untuk mereka yang sudah terlalu tua.

Pada usia dewasa, tambahan kalsium yang sesuai takaran dapat menghentikan hilangnya massa tulang akibat kekurangan kalsium. Selain itu stabilitas tulang bisa dikembalikan sehingga tidak sampai terjadi fraktur walau sebagian massa tulang sudah berkurang.

Selain kalsium, tubuh juga penting mengasup vitamin D. menurut Dr. Walujo Soerjodibroto, Ph.D, spesialis gizi di RSCM, Jakarta, vitamin D adalah salah satu vitamin yang berperan dalam proses akumulasi kalsium pada tulang.

Dengan adanya vitamin D dalam jumlah cukup dalam darah, tulang-tulang dikuatkan sehingga tidak mudah rapuh. Untuk orang dewasa dianjurkan agar asupan vitamin D bisa mencapai 400 IU/ hari.
Vitamin D yang berfungsi aktif adalah vitamin D3. vitamin ini terbentuk di jaringan ginjal. Ini artinya tubuh kita dapat membuat Vitamin D sendiri. Biasanya vitamin ini terbentuk pada jaringan di bawah kulit dengan bantuan sinar ultraviolet. Sinar ini paling banyak dapat diperoleh dari sinar matahari. Karenanya, bagi kita yang hidup di daerah khatulistiwa, masalah kekurangan vitamin D seharusnya tidak mungkin terjadi.

Mengobati Osteoporosis Mengobati memang tidak semudah mencegah. Selain itu, langkah pengobatan biasanya lebih mahal daripada pencegahan. Tindakan yang dilakukan juga berbeda satu dengan lainnya. Semuanya tergantung kasus masing-masing. Beberapa hal yang biasanya diberikan oleh dokter bila seseorang ketahuan sudah terlanjur menderita osteoporosis;

* Pasien akan diberi obat-obatan anti sakit dan fisio terapi seperti misalnya fisio terapi untuk melemaskan otot yang kaku dengan pemanasan dan urut/ pijat.
* Pasien diminta untuk menghindari mengangkat barang berat dan mencegah keadaan yang memungkinkan tubuh jatuh.
* Pasien tidak diminta istirahat total. Justru gerakan rutin dan teratur yang ringan akan mempercepat penyembuhan. Namun demikian hal ini perlu pengawasan dokter olahraga.
* Beberapa obat seperti tablet Ca (kalsium) carbonat 600 mg 4-6 kali sehari atau Ca Citrat akan diberikan. Mungkin juga diberi obat-obatan hormon lain sesuai kebutuhan pasien.
* Pada wanita penderita osteoporosis serius dan berat atau wanita penderita osteoporosis yang sudah melewati masa menopause 6 tahun akan ditambahkan hormon estrogen 0,25-1,25 mg/ hari.
Yang paling penting dari semua ini adalah bahwa kita yang sudah menderita diminta untuk selalu mencek kondisi ke dokter setiap tiga bulan sekali.

4 comments:

Anonymous said...

I don't have a computer to set up an iTunes account but can get online with my iPhone. I want to download apps and songs but can't figure out how. Please Help!



________________
[url=http://unlockiphone22.com]unlock iphone 3g[/url]

Anonymous said...

I have edited an mp3 to use as a ringtone and have it uploaded on a webpage to access from Safari on my iPhone. I can access the mp3 and play it, but it opens in quicktime and I can find no way to save it from there. Any suggestions?
[url=http://www.careerbegin.com/index.php?page=guestbook&PHPSESSID=fxlerezr]unlock iphone[/url]

Anonymous said...

Yes exactly, in some moments I can phrase that I approve of with you, but you may be making allowance for other options.
to the article there is still a definitely as you did in the downgrade delivery of this beg www.google.com/ie?as_q=34 audiovideo rippersconverters ?
I noticed the catch-phrase you have not used. Or you use the pitch-dark methods of promotion of the resource. I have a week and do necheg

Anonymous said...

Men and women lift-a-holics are really look for the perfect community to assemble. Some have never considered being online with others who know large knowledge about which creatines and pills to accept in order to grow with results. This is because weightlifting is a sport, and with any game you go where the fanatics are to learn about it! To hear more about Female Bodybuilding Forum

To drive the point a level more, you may be able to go and take advice from a individual trainer about accurate techniques but their knowledge will be only be so overwhelming and abundant. In order to get information you must go where others duscuss in a group to discover about one subject. This is because a individual bad heave or protein can break everything you have so long worked so long for already. Still more so, there are very few trainers
and places you can go in order to address about steroids and new drugs used in lifting.

But still if lifting weights and increasing muscle ins't what you are digging for, many Weight Loss Forums are around solely for people to learn the secret on how to lose those added five pounds, and with the culture of today it seems everyone is going to be larger and fatter. So no concern who you are in the end, holding a intelligent diet and the right exercises can make all the difference!

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan