Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

04 July 2007

Dokter KKP Berperan Mengurangi Gangguan Kesehatan

(http://www.depkes.go.id/, Selasa 3 Juli 2007)
Selain diharapkan lebih mampu mengatasi kedaruratan medik maupun kedaruratan kesehatan masyarakat baik dalam kondisi khusus seperti penerbangan haji maupun bencana, dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) berperan penting dalam melakukan deteksi penyakit menular yang kemungkinan dibawa penumpang dari dan ke luar negeri.

Selain itu, saat ini muncul beberapa penyakit menular baru ( re-emerging and emerging infectious desease ) yang ditularkan oleh manusia atau binatang seperti SARS dan Flu Burung, dimana penularannya tidak mengenal batas wilayah. Melalui KKP, deteksi penyakit terutama penyakit menular yang dibawa penumpang dapat diantisipasi. Dalam menjalankan tugasnya untuk menangkal penyakit berpotensi wabah maupun risiko lainnya, KKP tidak dapat bekerja sendiri. Kolaborasi dengan Dinas Kesehatan setempat amat diperlukan untuk mempertajam respon di sektor kesehatan penerbangan ini.

Khusus pada penerbangan haji, bekerja sama dengan dokter di Dinas Kesehatan Embarkasi, dokter KKP bertugas mengarahkan penumpang untuk terbang dalam kondisi prima sehingga tidak mudah terinfeksi atau terkendala oleh kondisi matra penerbangan. Oleh karenanya, kemampuan dan keterampilan para dokter tersebut perlu terus ditingkatkan.

Untuk meningkatkan kemampuan dokter di pelabuhan udara, Direktorat Surveilans Epidemiologi, Imunisasi dan Kesehatan Matra Departemen Kesehatan bekerja sama dengan Lakespra Saryanto selaku pelaksana teknik pendidikan Kesehatan Penerbangan di jajaran TNI AU, menyelenggarakan Pelatihan Kesehatan Penerbangan selama sepekan, dimulai dari tanggl 27 Juni sampai 3 Juli 2007. Pelatihan ini diikuti 31 dokter dan perawat dari KKP di seluruh Indonesia dan Dinkes Propinsi Embarkasi. Tujuan pelatihan ini adalah untuk lebih menyukseskan pelayanan kesehatan haji.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan (Ditjen PP & PL) Depkes Dr. T. Marwan Nusri membuka acara Pelatihan Kesehatan Penerbangan di Lakespra Saryanto, Rabu, 27 Juni 2007. Marwan Nusri berharap agar dari pelatihan ini akan menghasilkan 2 orang ahli bedah dalam penerbangan (flight surgeon) di tiap KKP potensial, yang dilengkapi dengan sarana dan petunjuk teknis yang memadai bagi penyelenggaraan kesehatan penerbangan di Bandara. Sementara untuk dokter KKP dan Dinkes Propinsi Embarkasi, diharapkan lebih mampu mengatasi kedaruratan medik maupun kedaruratan kesehatan masyarakat baik dalam kondisi khusus maupun bencana.

Dr. Marwan Nusri mengharapkan, setelah pelatihan ini, para peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat di daerah masing-masing khususnya dalam penyediaan pelayanan, pemberian penyuluhan, serta kegiatan surveilans penyakit dan faktor risiko matra penerbangan.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan TNI AU Kol. Kes. drg. Hari Prayogo bahwa kursus ini diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas sehari-hari dokter KKP, mengingat perkembangan teknologi penerbangan yang cenderung semakin rumit dan kompleks. Menurut Hari upaya pengembangan kemampuan di bidang ilmu Kesehatan Penerbangan menjadi suatu kebutuhan mutlak apalagi belakangan kendala kesehatan sering dialami oleh para awak pesawat dan penumpang sebelum terbang.

Selama sepekan mengikuti pelatihan, para peserta diberikan sejumlah materi baik teori maupun praktik. Materi inti pelatihan yang diajarkan diantaranya Faktor Risiko Lingkungan dalam Penerbangan, Faktor Risiko Penyakit, Faktor Risiko Berbagai Obat, Praktek Chamber RUBR, dan Latihan Gladi Musibah Massal Kecelakaan Pesawat dan Evakuasi Medik Udara.

(Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-5223002 dan 52960661, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id.)

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan