Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

14 September 2007

Jayapura : Pemprov Bangun VCT di Sejumlah Kabupaten

(www.cenderawasihpos.com, 13 September 2007)
JAYAPURA-Meningkatnya angka kasus HIV/AIDS yang kini menembus angka 3.023, rupanya membuat Pemprov Papua melalui instansi teknis terkait terus melakukan berbagai upaya penanggulangan dan penanganan ODHA (orang dengan HIV/AIDS). Salah satunya adalah dengan membangun VCT (voluntary conseling testing) di sejumlah kabupaten. Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr Bagus Sukaswara kepada Cenderawasih Pos, kemarin. "Tahun 2007 ini kami akan membangun VCT di beberapa kabupaten,"ungkapnya.


Dikatakan, tujuan dibangunnya VCT di setiap kabupaten tersebut salah satunya untuk memudahkan para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) untuk mendapatkan pelayanan dan memperoleh informasi tentang pengobatannya sekaligus memberikan konseling terhadap ODHA itu sendiri. Sebab dari kenyataan yang terjadi, diketahui bahwa ODHA yang telah mendapatkan ARV (obat yang harus dikonumsi oleh ODHA untuk menekan laju pertambahan virus) tidak boleh berhenti. "Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa VCT harus ada di setiap kabupaten,"terangnya.Tak hanya sampai di tingkat kabupaten, Pemprov juga tengah berupaya agar VCT ini ada di tingkat distrik (Puskesmas) sehingga para ODHA dengan mudah mendapatkan pelayanan. "Sebab yang kami tahu HIV ini telah ada di hampir seluruh daerah di Papua bahkan di pedalaman sekalipun," ujarnya.

Karena itu, harus diupayakan agar ODHA dengan mudah mendapatkan obat di manapun dia berada.Khusus pembangunan VCT ini, Pemprov Papua bahkan mentargetkan bahwa diakhir 2007 ini setiap kabupaten selain di rumah sakit ada 1 hingga 2 Puskesmas yang memiliki fasilitas VCT. "Diupayakan seperti itu, setiap rumah sakit di kabupaten harus memiliki fasilitas VCT dan minimal juga harus memiliki 1 sampai 2 Puskesmas yang memiliki VCT," katanya. Untuk itu, kata dr Bagus sekarang ini Pemprov Papua sedang mengupayakan untuk melatih petugas VCT di kabupaten sehingga dapat memberikan pelayanan kepada ODHA dengan sebaik-baiknya.(ta)

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan