Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

08 June 2007

Kunjungan Ditjen PP-PL di Jayapura

Foto : Rexy Sitorus / KKP Jayapura
Dalam rangka presentasi hasil Surveilans Terpadu HIV/AIDS dan perilaku (STHP) di Papua
Hasil Surveilans Terpadu HIV/AIDS dan perilaku (STHP) di Papua menemukan bahwa secara total prevalensi HIV pada penduduk di tanah Papua mencapai 2,4 persen. Jumlah ini merupakan tingkat yang sangat tinggi dibandingkan dengan prevalensi HIV didaerah lain di tanah air.
Berdasarkan jenis kelamin diketahui ternyata laki-laki memiliki prevalensi tertinggi mencapai 2,9 persen dibandingkan kaum perempuan yang hanya 1,9 persen. Hal ini seperti dikemukakan Ditjen PP-PL , Bpk. Dr. I Nyoman Kandun, disela-sela diseminasi hasil SHTP Papua di gedung Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua pada hari Rabu, 30 Mei 2007.

“Dari hasil STHP itu, laki-laki memiliki prevalensi lebih tinggi artinya laki-laki yang lebih banyak melakukan penularan HIV,” ungkap Bpk. Ditjen PP-PL.

Lanjut beliau, hal ini dikarenakan bila dibanding wanita , laki-laki memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga memungkinkan memiliki prevalensi tertinggi. “ Bisa saja sekarang dia sarapan disini, besok makan siang di Jakarta, lalu makan malam ditempat lain,” ujarnya. Selain itu, dari angka yang ada, laki-laki lebih banyak pasangan wanitanya daripada kaum wanita yang multipatners sekalipun, laki-laki lebih banyak patnernya.

Yang aneh lagi, dari hasil survei yang dilakukan sesuai klasifikasi di tiga tempat yakni pesisir mudah, pegunungan dan pesisir sulit itu ditemukan ternyata penduduk di pesisir sulit lebih tinggi prevalensi HIV-nya bila dibanding di pesisir mudah dan pegunungan.

“Hal ini tentu memprihatinkan dan sudah lampu merah dan harus diwaspadai,” ujarnya. Tidak hanya itu, dari hasil survei itu juga ditemukan penduduk etnis Papua tertinggi prevalensi HIV-nya daripada etnis non Papua.

Karena itu, Departemen Kesehatan akan menerapkan treatment khusus untuk Papua dalam penanggulangan HIV/AIDS ini. “ Nanti Ibu Menteri Kesehatan yang akan jelaskan treatment khusus tersebut besok (Kamis, tgl 31 Mei 20007) “, kata beliau.

Disela-sela kesibukan, Bpk Ditjen PP-PL juga bertemu dan berbincang-bincang dengan Kepala Kantor dan beberapa staf KKP Jayapura.

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan