Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

12 June 2007

Info : Penderita Diabetes Meningkat

(www.cenderawasihpos.com, 11 Juni 2007)
JAYAPURA-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dok II Jayapura, dr Maurits Okoseray mengatakan, meski belum ada angka yang pasti berapa jumlah penderita Dibetes Melitus (DM) di Papua, namun dilihat dari banyaknya jumlah pasien penyakit yang biasa disebut kencing manis ini datang berobat ke rumah sakit, maka dapat dikatakan bahwa penderita penyakit ini semakin meningkat.


Hal itu diungkapkannya saat memberi sambutan pada pembukaan acara seminar awam hidup sehat dengan diabetes melitus, di Hotel Yotefa View Jayapura, Sabtu, (9/6). Acara ini dihadiri 40 peserta yang berasal dari masyarakat awam dengan menghadirkan pembicara dari RSUD Dok II Jayapaura dan RSUD Abepura.

Menurutnya, setiap orang menginginkan untuk hidup sehat, namun setiap orang pasti pernah sakit. Khususnya, bagi penderita sakit DM agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari sama dengan orang sehat lainnya, maka orang tersebut perlu melakukan perawatan taratur menuju hidup sehat.
Hidup sehat yang dim0aksudkan agar tidak terjadi komplikasi yang menyebabkan timbulnya penyakit lainnya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet, dimana disini pasien dapat mengatur pola makan dan olahraganya agar dapat mengendalikan glukosa darah. "Saya mendukung seminar ini dan semoga bermanfaat bagi yang mengikutinya,"jelasnya.

Sementara itu, salah seorang penyaji materi dr Samuel M Baso, Sp.PD mengatakan DM merupakan kumpulan beberapa yang timbul pada seorang akibat peningkatan glukosa dalam darah yang diakibatkan berkurangnya hormon insulin yang berguna mengatur glukosa dalam darah. "Insulin tidak masuk ke sel sehingga tidak dapat menjadi energi,"katanya kepada Cenderawasih Pos di sela-sela acara acara itu, Sabtu, pekan kemarin.

Lanjut dia, DM merupakan penyakit kronis yang disebabkan meningkatnya gula darah, sehingga apabila tidak dirawat dengan teratur dapat menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, seperti jantungan, gagal ginjal, stroke, luka di kaki yang tidak sembuh-sembuh dan lainnya.
Sekedar diketahui, penyaji materi dalam acara ini diantaranya, dr Yovita Hartati (hidup sehat dengan diabetes), C. Singgih Wahono (komplikasi DM pada ginjal dan jantung), Manuntun Rotua (perencanaan makanan DM), Indrajaya (syaraf), dan Samuel Maripadang Baso (hidup sehat dengan diabetes).

Selain itu, pada kesempatan seminar untuk orang awam ini didirikan Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) yang merupakan organisasi sosial yang bersiafat mandiri, berorientasi pada kepentingan kesehatan masyarakat dan tidak mencari keuntungan materi maupun keuntungan lainnya.(api)

No comments:

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan