Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

15 November 2007

Pelatihan Peralatan Pengendalian Vektor (Alat Semprot)

Mesin ULV (Ultra Low Volume) yang dimiliki KKP Jayapura
(KKP Jayapura, 14 November 2007)
Sesuai kepmenkes 265 tahun 2004 tentang organisasi kkp jayapura bahwa tugas pokok dan fungsi KKP adalah utk melaksanakan cegah tangkal penyakit karantina dan penyakit menular lainnya baik antara daerah, pulau maupun negara, melaksanakan pengendalian resika lingkungan (PRL) dan pelayanan kesehatan masyarakat melalui usaha kesehatan pelabuhan (UKP) yg mencakup wilayah perifer maupun buffer dimasing-masing wilayah kerja kantor kesehatan pelabuhan.

Jenis penyakit menular yg ditularkan melalui vektor di Kota Jayapura dan wilker lain KKP Jayapura cukup banyak , antara lain malaria yg merupakan penyakit utama di Provinsi Papua. Penyakit umum lainnya adalah penyakit demam berdarah dengue, meskipun jumlahnya tidak banyak seperti di beberapa kota besar di Indonesia namun kejadian peningkatan kasus selalu terjadi setiap tahun sejalan dengan peningkatan kasus di Indonesia. Penyakit lain yang juga menonjol di Provinsi ini penyakit filaria yang disebabkan cacing filaria dan vektor penularnya adalah nyamuk.

Terdapatnya berbagai vektor penular penyakit di wilayah pelabuhan, bandara, maupun pos lintas batas di wilayah kerja di KKP Jayapura antara lain nyamuk (HI > 10%), lalat, kecoa dan beberapa jenis rodent, menunjukkan bahwa penularan penyakit tular vektor akan mungkin terjadi seandainya agent penyakit yg selama ini belum ditemukan di wilayah Jayapura dan sekitarnya terbawa oleh penumpang maupun alat angkut yang tiba di Jayapura.
Instruktur, Bpk Katolan sedang menjelaskan tata cara pengoperasian alat semprot kepada peserta pelatihan

Demo penggunaan alat semprot yang baik dan benar
Pelatihan Penggunaan Alat Semprot
Dalam rangka pemberantasan vektor yang merupakan vektor penular penyakit seperti disebutkan diatas, KKP Jayapura pada tahun 2007 berkomitmen untuk meningkatkan kinerja melalui peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) maupun ketersediaan dan kecukupan sarana penunjang khususnya.


Pada tanggal 5 - 6 Nopember 2007 dilakukan Pelatihan Alat Semprot mulai dari mesin fog, mist blower, Spraycam sampai pada alat semprot yang bobotnya kurang lebih 1 ton yaitu ULV (Ultra Low Volume). Pelatihan ini disampaikan langsung oleh pakar Ahli Semprot dari Dinas Kesehatan Pusat Jakarta, Bpk. Katolan, yang sangat memahami seluk beluk berbagai macam alat semprot. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh peserta dari berbagai dinas instansi kesehatan yang terkait yang ada di Jayapura.
Penjelasan penggunaan alat Mist Blower
Praktek penggunaan alat Mist Blower oleh peserta

KKP Jayapura saat ini telah memiliki alat pengendalian vektor sebanyak : 5 buah mesin fog, 5 buah mist blower, 2 buah spraycam dan 1 buah ULV (Ultra Low Volume).

Peliputan oleh media Metro PaPua TV pada acara pelatihan

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan