Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

01 May 2009

Menkes Tak Pernah Katakan Flu Babi Dibuat Manusia

(www.depkes.go.id, 01-05-2009)
Menteri Kesehatan Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K) menegaskan tidak pernah mengatakan ada kemungkinan virus flu babi buatan manusia sebagaimana dilansir Kantor Berita Perancis (AFP) pada Selasa (28/4)

Menkes meminta media untuk tidak memperkeruh suasana terkait penularan penyakit flu babi dengan berspekulasi dan berandai-andai, namun lebih mengedepankan upaya-upaya yang telah dan akan dilakukan untuk mengantisipasi penyebarannya.
Menkes menjelaskan, meski kasus itu belum dilaporkan terjadi di Indonesia namun pemerintah sudah melakukan upaya-upaya atau antisipasi penyebaran virus influenza karena sejak penyakit flu burung merebak pada 2005 berbagai upaya sudah dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi kejadian luar biasa influenza.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung termasuk Puskesmas, rumah sakit rujukan dan laboratorium pemeriksaan. Pemerintah juga sudah membentuk jaringan surveilans penyakit influenza, membentuk jejaring komunikasi antar pihak terkait, serta memberikan pelatihan kepada petugas kesehatan dan relawan. "Kita juga termasuk maju dalam penanganan flu burung dan 2 kali sudah melakukan simulasi mengenai itu. Kemampuan ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit lain termasuk flu babi ini”, tegas Menkes.

Menkes memastikan bahwa pemerintah masih memiliki cukup stok obat antivirus oseltamivir yang efektif untuk pengobatan flu burung dan penyakit influenza babi yang disebabkan oleh virus influenza tipa A subtype H1N1. Menkes menegaskan, masyarakat harus dapat mencegah penularan penyakit tersebut dengan sungguh-sungguh menerapkan pola hidup bersih dan sehat, misalnya tutuplah hidung dan mulut jika bersin dan batuk, tidak meludah di sembarang tempat dan mencuci tangan setelah kontak dengan binatang, menutup hidung dan mulut apabila bersin, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu.

Selain itu, gunakanlah masker bagi penderita flu, bukan orang sehat yang menggunakan masker, agar tidak menularkan kepada orang lain. Bagi masyarakat yang telah melakukan perjalanan ke negara terjangkit flu babi, disarankan memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala demam, batuk, pilek dan sesak napas. Berita ini disiarkan oleh Pusat KomuniKassi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 021-5223002 dan 52960661, atau e-mail puskom.depkes@gmail.com dan puskom.publik@yahoo.co.id.

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan