Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

18 February 2008

Kabupaten Jayapura Patut Jadi Percontohan Dalam Hal Penanggulangan HIV/AIDS

(www.cenderawasihpos.com, 18-02-2008)
SENTANI-Dari hasil pemantauan dan evaluasi Badan Penasehat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional, terungkap bahwa Kabupaten Jayapura patut dijadikan sebagai kabupaten percontohan dalam penanggunangan penyakit HIV/AIDS.
Hal ini disampaikan Ketua Badan Penasehat KPA Nasional dr Saryadi Gunawan saat ditemui di Kampung Yokiwa, Ahad (17/2)."Kami melihat pak Bupati aktif dalam penanggulangan penyakit HIV-AIDS di Kabupaten Jayapura dan selama ini "ungkap Suryadi.
Alasan mengapa bisa dijadikan percontohan karena Kabupaten Jayapura lebih aktif mensosialisasikan serta memberikan protect dengan perlakuan pemberian kondom pada tempat yang memang seharusnya diberikan.

Suryadi juga mengatakan tingkat penyebaran penyakit yang belum memiliki obat paten ini khusus di Papua sudah mencapai tingkat yang patut diwaspadai mengingat dengan jumlah jiwa yang tidak sebanding dengan kota besar lainnya, tapi penyebarannya dikatakan sangat cepat, ini karena pola masyarakat dalam melakukan hubungan seks pada tingkat beresiko cukup tinggi.
Suryadi juga meminta kepada kepala-kepala daerah untuk berfikir bahwa masalah AIDS adalah masalah Papua dan harus ada kesadaran untuk bersama menanggulanginya.

"Pemerintah harus bekerjasama dengan pihak gereja atau masjid untuk selalu mengingatkan masyarakat akan resiko HIV/AIDS. Juga meminta dinas kesehatan untuk bisa melakukan pendeteksian sejak dini serta aktif memberikan sosialisasi," pintanya.(ade)

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3

Foto Pilihan : SENAM BERSAMA DALAM RANGKA HARI MALARIA SEDUNIA KE-3
Staf KKP Kelas II Jayapura Photo Bersama Setelah Kegiatan